Rabu, 01 Desember 2010

Hari AIDS Sedunia 2010

By Russian Post; scanned and processed by User:Vizu (own scan by my personal collection) [Public domain], via Wikimedia Commons
Hari AIDS Sedunia 2010
hari ini tanggal 1 Desember 2010 seluruh dunia memperingati hari AIDS, yang maksud dan tujuannya adalah menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS yg diakibatkan penyebaran Virus HIV. begitu banyak tafsiran tentang penyakit ini dari berbagai aspek kehidupan termasuk mentri negara kita di twiiternya @tifsembiring yg membuat lelucon mengenai AIDS=Anunya Itu Dimasukin Sembarangan. yg cukup mengndang kontroversial di ranah twitter dan media informasi di dunia maya. hahaha memang "lucu" bapak mentri ini.

ini sedikit Informasi mengenai HIV yg diambil dari Wikipedia
HIV (human immunodeficiency virus) adalah sebuah retrovirus yang menginfeksi sel sistem kekebalan tubuh manusia - terutama Sel T CD4+ dan makrofaga, komponen vital dari sistem sistem kekebalan tubuh "tuan rumah" - dan menghancurkan atau merusak fungsi mereka. Infeksi dari HIV menyebabkan pengurangan cepat dari sistem kekebalan tubuh, yang menyebabkan kekurangan imun. HIV merupakan penyebab dasar AIDS.

Bagaimana dengan penyebarannya?
HIV menular melalui hubungan kelamin, sex anal (melalui anus), transfusi darah, penggunaan jarum suntik, penggunaan bersama jarum terkontaminasi melalui injeksi obat dan dalam perawatan kesehatan, dan antara ibu dan bayinya selama masa hamil, kelahiran dan masa menyusui.

Siapa saja yg rentan terkena?
bisa siapa saja, tidak mengenal umur, Jenis kelamin, Pekerjaan, lingkungan sosial, orientasi Sex.
semua orang bisa terjangkit. so, jangan menghakimi atau mengambil kesimpulan dini tentang AIDS dan orang yg terjangkit AIDS sebelum kita banyak membaca mengenai AIDS.
Dan ternyata menurut salah satu artikel di kompas.com data per Desember 2009 kasus AIDS terbanyak diderita oleh Ibu Rumah Tangga  betapa menyedihkan. Sedangkan pandangan masyarakat awam menilai bahwa pembawa virus terbanyak adalah pelaku sex bebas dan kaum LGBT (Lesbian, Gay, Bisexual and Transgender). berarti penyebaran informasi tentang AIDS masih keliru.

ada informasi menarik juga dari wikipedia ternyata setiap tahun tema untuk peringatan hari AIDS sedunia itu berbeda2.
Komunikasi (1988), Pemuda (1989), Wanita dan AIDS (1990), Berbagi Tantangan (1991), Komitmen Masyarakat (1992), Saatnya Beraksi (1993), AIDS dan Keluarga (1994), hak Bersama Tanggung Jawab Bersama (1995), Satu Dunia Satu Harapan (1996), Anak-anak yg Hidup Dalam Dunia Dengan AIDS (1997), Kekuatan Menuju Perubahan: Kampanye AIDS Sedunia Bersama Orang Muda (1998), Dengarkan, Pelajari, Hidupi: Kampanye AIDS Sedunia dengan Anak-anak dan Orang Muda (1999), AIDS: Laki-laki menciptakan perbedaan (2000), Aku Peduli, Bagaimana Dengan Anda? (2001), Stigma dan Diskriminasi (2002-2003), Perempuan, Gadis, HIV dan AIDS (2004), Hentikan AIDS Jaga Janjinya (2005),  Hentikan AIDS Jaga Janjinya - Akuntabilitas (2006), Hentikan AIDS Jaga Janjinya - Kepemimpinan (2007), Hentikan AIDS Jaga Janjinya - Pimpin - Berdayakan - Berikan (2008), Hentikan AIDS Jaga Janjinya - Akses Universal dan Hak Asasi Manusia (2009).

dan untuk tahun ini adalah "Universal Access And Human Rights"
mari kita rumah cara pandang kita terhadap AIDS, ini adalah salah satu cara untuk memastikan bahwa Hak Asasi manusia masih dilindungi.

so, be smart ya.. jangan kaya pak mentri onoh, asal sebut.. :p


3 komentar:

aip mengatakan...

hmmh, populating control..

Belly Surya Candra Orsa mengatakan...

Great Blog..!!!! Keep Blogging.... :)

kiki mengatakan...

terima kasih semua...