Rabu, 07 Maret 2012

Dieng I'm Freezing

Pegunungan Dieng,

Perjalanan kali ini menuju ke arah timur dari pulau jawa, trip-trip sebelumnya biasanya lebih condong ke Indonesia bagian barat.

Perjalanan dimulai dari Jakarta menggunakan bus AC ke arah Wonosobo. Perjalanan memakan waktu sekitar 14 JAM! #pingsan. Walhasil  sesampainya di Wonosobo berhasil menggendutkan kaki alias bengkak ditambah ternyata udara disana duinginnnnn tenannnnn..... sebagai mojang bandung yang terbiasa dengan udara dingin kali ini angkat tangan lambai-lambai ke kamera minta ampun. #apaansih.

OK cukup cerita tentang perjalanannya. maklum lagi males memaparkan itinerary hehe mending cerita tentang ada apa sih di Pegunungan Dieng itu.

Mari kita mulai dengannnnnnn... yup! PETA!

source: www.diengplateau.com

Awal mulanya Dieng itu merupakan satu gunung yang sangat besar. yang kemudian terjadi letusan yang sangat besar sehingga menghasilkan kumpulan gunung-gunung kecil dan membentuk seperti perbukitan. Udara disana DINGIN! Jadi kebanyakan penduduk menggunakan kelebihan itu untuk perkebunan kentang, kol pepaya (carica) yang cocok dengan suhu dingin. Carica atau pepaya yg bentuknya kecil ini juga khas dieng. diakibarkan suhu yang dingi maka pepaya yang di tanam disana tidak bisa lebih besar dari kepalan tangan. so cute!

Tidak semua tempat sempat dikunjungi, hanya beberapa tempat saja dikarenakan waktu yang cukup terbatas. ok baiklahhhhhh ini diaa:

Komplek Wisata Pertama:

Telaga Warna


Yang unik dari Telaga Warna ini adalah warnanya sering berubah-ubah. Bisa hijau dan kuning, biru dan kuning atau seperti warna-warna pelangi. Menurut legenda, konon katanya ada cincin bangsawan yang terjath ke dasar telaga dan itulah penyebab mengapa telaga itu airnya berubah-ubah warnanya. Sementara jika di tilik secara ilmiah telaga ini mengandung belerang, akibatnya bila airnya terkena cahaya matahari maka warnanya akan berubah-ubah.

Yang lebih menarik adalah tidak jauh dari situ ada satu telaga, Telaga Pengilon. Menurut legenda jika bercermin di telaga itu kita akan mengetahui isi hati orang tersebut. Jika sewaktu bercermin terlihat wajah yang rupawan, maka hatinya baik. Tetapi jika sebaliknya, maka hatinya buruk.

Gajah Mada
 Konon juga katanya Patih Gajah mada pernah singgah disini sehingga dibuatkan patungnya.

 Gua Sumur
Di dalam Gua sumur ini ada kolam kecil yang konon katanya airnya dapet menyembuhkan berbagai penyakit dan membuat wajah lebih rupawan. ;)

 Gua Jaran
Cerita di balik Gua Jaran ini menarik.Gua Jaran/Gua Kuda ini merupakan tempat pertapaan Resi Kendaliseto. Konon katanya pada jaman dahulu ketika hujan ada seekor kuda masuk ke gua kemudian sewaktu keluar kuda tersebut berbadan dua alias hamil. Tidak diceritakan apakah kuda itu jantan atau betina. Maka oleh sebagian orang gua ini dipakai untuk tempat semedi wanita-wanita yang ingin memiki keturunan.

Satu lagi adalah Gua Semar, menurut masyarakat sekitar gua itu di tunggui oleh Ki Semar. Gua tersebut suka dijadikan tempat untuk semedi para Petinggi Negara loh.

Kompleks Candi




 Candi Setyaki

JUMP!

Ada sekitar 9 candi: Candi Gatotckaca, Candi Bima, Candi Arjuna, Candi Srikandi, Candi Semar, Candi Sembara, candi Setyaki, Candi Sembara, Candi Dwarawati. Candi-candi tersebut dibangun pada abad ke 7.

Kawah Sikidang
 say hi to our Turkey Friend Ebru ;)



Kawah Sikidang ini pernah meletus di tahun 1979 dan mengeluarkan gas beracun menewaskan 149 orang :(.

Selanjutnya MASUK HUTAN!

Salah Gaul -_____-
Ini adalah bagian paling gila. niscaya berat anda akan turun beberapa kilogram dan akan lmenjadi manusia yang lebih religius karena sering Istigfar -____- mengingat tracknya tidak manusiawi. manusia terakhir ke tempati itu adalah 7 BULAN yang lalu.


Demi Air Terjun yg tidak bisa di sentuk karena jalannya longsor ;'(

Subuh-subuh buta mengejar sunrise. walau akhirnya kesiangan juga karena jalannya yg bisa bikin ibu-ibu hamil keguguran.
 berhasil sampai puncak ;)

Di lereng menjemput yg tidak bisa menikmati puncak :p

Masjid unik Dieng


That's all about Dieng :) I Love Indonesia.


SEE YOU ON MY NEXT TRIP!!!!!!!!!

Tidak ada komentar: